21 May 2011

Sayap Belakang Ferrari Ilegal



Ferrari tidak merasa ada dampak besar mengenai keputusan FIA, yang melarang mereka menggunakan sayap belakang baru di GP Spanyol akhir pekan ini. Pasalnya, pengaruhnya sangat sedikit.
"Itu adalah salah satu bagian baru yang kami miliki untuk balapan ini, tetapi mereka memutuskan supaya kami tidak boleh menggunakannya sehingga kami menghilangkannya.
" Fernando Alonso
Pada Sabtu (21/5/2011), Federasi Otomobil Internasional (FIA) itu memutuskan bahwa sayap belakang Ferrari ilegal. Itu karena perpanjangan penutup sayap belakang tersebut lebih tinggi dari normal sehingga menyalahi aturan dan "Scuderia" diminta untuk menggantinya.

Pebalap Ferrari, Fernando Alonso, mengatakan, keputusan FIA itu memberikan pengaruh. Meskipun demikian, tambah juara dunia 2005 dan 2006 tersebut, pengaruhnya tidak signifikan.

"Itu adalah salah satu bagian baru yang kami miliki untuk balapan ini. Namun, mereka memutuskan supaya kami tidak boleh menggunakannya sehingga kami menghilangkannya," ujar pebalap Spanyol tersebut.

"Ini adalah bagian yang memberi kami sedikit perubahan. Namun, kami membicarakan tentang tidak lebih dari sepersepuluh atau separuhnya sehingga ini bukanlah drama ketika harus menghilangkannya."

Direktur Teknik Ferrari Aldo Costa menambahkan, "Kami berbicara terlalu banyak tentang detail kecil ini. Itu merupakan sebuah detail sehingga jujur, hal tersebut bukanlah masalah besar dengan atau tanpanya."

Dia juga menegaskan, Ferrari yakin sayap tersebut masih legal meskipun FIA melarangnya.

"Bagi kami, detail itu legal. Namun, Anda memiliki banyak klarifikasi dengan FIA, banyak interpretasi. Ada perubahan pendapat sehingga Anda bisa teruskan. Itu adalah detail kecil dan itu bukan sebuah kasus yang mengguncang kami ketika dihilangkan."

Memang, Ferrari terpaksa harus mengganti sayap belakang mereka pada Sabtu ini setelah FIA menganggapnya ilegal. Sehari sebelumnya, Direktur Perlombaan FIA Charlie Whiting mengungkapkan, FIA memeriksa lebih rinci sayap belakang yang dibawa Ferrari ke Sirkuit Catalunya.

"Sayap itu merupakan pengejawantahan yang sangat cerdik atas peraturan yang ada. Akan tetapi, kami harus memutuskan apakah penafsiran Ferrari atas peraturan itu dilakukan dengan baik tanpa memanfaatkan celah peraturan," kata Whiting.

Sumber :
autosport

0 comments:

Post a Comment