04 October 2011

Pelajaran 21

1. Partikel to (と)
Formula: Partikel to (と) didahului oleh kalimat bentuk biasa.
Partikel to (と) juga dipakai pada saat kita menyatakan sesuatu dengan menggunakan omoimasu dan imasu.
Contohnya:
- konban ga ame ga furu to omoimasu = saya rasa malam ini akan hujan.
- kaisha no hito wa ashita nihon e kuru to iimashita = orang kantor mengatakan bahwa dia besok akan datang ke Jepang.

2. ~to omoimasu
Artinya: Saya rasa...
Omoimasu tidak dinegatifkan, yang dijadikan bentuk negatif adalah kalimat yang terdapat sebelum Partikel to.
Bentuk ini dipakai pada keadaan sbb:
1). Dugaan
Contohnya:
- konban ame ga furu to omoimasu = saya rasa malam ini akan hujan.
- eko-san wa uchi ni inai to omoimasu = saya rasa Sdr. Eko tidak ada di rumah.
- aprisal-san wa mou uchi e kaetta to omoimasu = saya rasa Sdr. Aprisal sudah pulang ke rumahnya.

2). Menyatakan pendapat
Contohnya:
- Indonesia wa koutsu ga fuben da to omoimasu = saya rasa Indonesia lalu lintasnya tidak praktis.
- Nihon wa hontouni gijutsu ga susunde iru to omoimasu = saya rasa Jepang teknologinya benar-benar maju.

3. Daftar ~to omoimasu dan ~to iimashita
Contoh kata-kata di bawah ini bisa diikuti dengan to omoimasu dan to iimashita.

Bentuk biasa K. Kerja:
- iku - ikanai - itta - ikanakatta

Bentuk biasa K. Sifat-i:
- samui - samukunai - samukatta - samukunakatta

K. Benda dan Bentuk biasa K. Sifat-na:
- Indonesia-jin da - kirei da - Indonesia-jin dewa nai - kirei dewa nai - Indonesia-jin datta - kirei datta - Indonesia-jin dewa nakatta - kirei dewa nakatta

4. Partikel to yang Dihilangkan
Apabila omoimasu dan iimasu dipakai bersama dengan sou atau dou maka Partikel to dapat dihilangkan.
Contohnya:
- watashi mo sou omoimasu = saya juga berpendapat begitu.
- Indonesia ni tsuite dou omoimasu ka = bagaimana pendapat anda tentang Indonesia?

5. ~deshou
Bentuk ini dipakai untuk memastikan sesuatu dimana lawan bicara sudah tahu tentang yang dibicarakan itu dan diharapkan sependapat dengan si pembicara.
Apabila di depan deshou adalah K. Kerja, maka dipakai Bentuk Biasa nya, sedangkan kalau K. Sifat-na (misal nigiyaka na) maka da dari bentuk nigiyaka da dihilangkan.
Contohnya:
- Doyoubi de Yuli-san no uchi de pa-ti- ga aru deshou? = Hari Sabtu di rumah Sdr. Yuli ada pesta, bukan?
- -> Hai, arimasu = Ya, ada.

- Jakaruta wa nigiyaka deshou? = Jakarta ramai, bukan?
--> Hai, nigiyaka desu = Ya, ramai.

0 comments:

Post a Comment