04 October 2011

Pelajaran 24: kureru, ageru, murau

1. K. Kerja yang menyatakan memberi atau mendapatSelain dari agemasu (memberi) dan moraimasu (mendapat) yang telah kita pelajari di Pelajaran 7, ada pula kata kuremasu yang berarti memberi.
Dalam Pelajaran 7, agemasu berarti "memberi", tapi harus diperhatikan bahwa kata ini dipakai bila subyek nya adalah saya, kata ini tidak dapat dipakai dalam hal orang lain yang memberikan sesuatu kepada saya/kita.
Bila orang lain memberi sesuatu kepada kita / saya, dipakailah kuremasu.

Formula: B o kuremasu
Artinya: Memberi B
Contohnya:
- Watashi wa Iwan-san ni shatsu o agemashita = Saya memberi kemeja kepada Sdr. Iwan.
- Ali-san wa watashi ni shatsu o kuremashita = Sdr. Ali memberi saya kemeja.

Contoh salah:
- Ali-san wa watashi ni shatsu o agemashita

Selain dari yang tersebut di atas, ada pula: yarimasu, kudasaimasu, itadakimasu dan K. Kerja sejenis, tetapi belum akan dibahas lebih lanjut dalam pelajaran ini.

2. Menyatakan "beri terima"
Selain untuk menyatakan pemberian atau penerimaan benda, kata-kata kerja agemasu, moraimasu, dan kuremasu dipakai pula untuk suatu perbuatan, yaitu menunjukkan arah dari siapa kepada siapa sesuatu perbuatan dilakukan.
Selain itu juga untuk menyatakan rasa suka atau rasa berterima kasih.
Dalam hal ini perbuatannya dinyatakan dengan K. Kerja bentuk -te.

①Formula: K-te agemasu
Contohnya:
- Watashi wa Keiko-san ni kasa o kashite agemashita = Saya memberi pinjam payung kepada Sdri. Keiko.
- Nimotsu o motte agemashou ka = Mari saya tolong bawakan barangnya.

Dalam hal ini, apabila yang melakukan perbuatan itu adalah si pembicara sendiri, maka dapat memberi kesan sombong, oleh karena itu sebaiknya dihindarkan pada waktu berbicara dengan orang yang lebih tinggi kedudukannya.
Bentuk -te agemasu dipakai diantara orang-orang yang sangat akrab.
Untuk menawarkan pertolongan kepada lawan bicara yang kurang akrab atau untuk perbuatan yang bisa membuat orang yang tidak begitu akrab dengan kita merasa berhutang budi, maka pakailah: "K-mashou ka" (Lihat Pelajaran 14).
Contohnya:
- Takushii o yobimashou ka = Bisa saya panggilkan taksi?
- Tetsudaimashou ka = Bisa saya bantu?

② Formula: K-te moraimasu
Contohnya:
- Watashi wa Yuki-san ni Nihongo o oshiete moraimashita = Saya diajar bahasa Jepang oleh Sdri. Yuki.
Bentuk ini mengandung makna rasa terima kasih pihak yang menerima perbuatan.

③ Formula: K-te kuremasu
Contohnya:
- Kanai wa (watashi ni) kodomo no shashin o okutte kuremashita = Isteri saya mengirimi saya foto anak kami.
Seperti halnya dengan K-te moraimasu, K-te kuremasu juga mengandung makna rasa terima kasih orang yang menerima perbuatan, tetapi K-te moraimasu menunjukkan bahwa Subyeknya yang merupakan penerima perbuatan, maka di sini Subyeknya adalah orang yang melakukan perbuatan itu, dan ada nuansa bahwa perbuatan itu dilakukan atas prakarsa pelakunya sendiri.
Di samping itu, karena umumnya yang menerima perbuatan itu adalah orang yang berbicara, maka dalam hal ini watashi ni yang menyatakan penerima biasanya dihilangkan.

0 comments:

Post a Comment